14 Tempat Wisata Batu Malang Yang Banyak Dikunjungi

14 Tempat Wisata Batu Malang Yang Banyak Dikunjungi

Malang memang dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki banyak tempat wisata yang keren dan wajib untuk dikunjungi, salah satunya di kota Batu. Kota Batu adalah kota yang berada di Provinsi Jawa Timur. Tepatnya berada di sebelah tengah dari kabupaten Malang.

Eksistensinya sebagai kota yang banyak menghasilkan keripik buah segar, menjadikan kota Batu sebagai primadona di antara kota-kota lain di Indonesia. Untuk wisatawan yang berencana berlibur ke Kota Batu Malang, berikut informasi beberapa tempat wisata yang bisa dimasukkan ke dalam daftar tujuan berwisata.

1. Museum D’topeng


Museum D'topeng resmi dibuka sejak 24 Mei 2014. Museum D’topeng menghadirkan sisi lain dari kebudayaan Indonesia yang hampir terlupakan. Lokasinya berada di kawasan pasar Apung, di depan Museum Angkut atau tepatnya berada di jalan Terusan Sultan Agung No. 2, Batu, Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Di dalam museum D'topeng ada sekitar 2.000 koleksi topeng khas dan berbagai barang antik mulai dari zaman prasejarah hingga zaman kerajaan Majapahit.

Tiket masuk museum D'topeng sebesar Rp 50.000 di hari biasa dan Rp 75.000 pada hari libur nasional. Tak perlu khawatir, biaya itu akan sebanding dengan apa yang Anda dapatkan di dalamnya. Seperti saat masuk Anda akan disajikan benda kuno nan mistis yang semuanya adalah asli dan merupakan koleksi orang-orang Indonesia juga beberapa didapat dari kolektor orang luar.

2. Museum Angkut

Museum Angkut dibuka untuk umum sejak 9 Maret 2014, Museum Angkut telah berhasil menarik banyak perhatian wisatawan sebagai center paket wisata malang paling favorit. Karena di tempat ini wisatawan bisa menikmati berbagai angkutan dari dalam negeri sampai luar negeri.

Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 70.000 di hari biasa dan Rp 100.000 di hari libur. Anda akan melihat berbagai landmark khas dari berbagai negara, berfoto di spot-spot menarik, atau bahkan melakukan foto pra wedding.

Untuk lokasinya sama dengan Musem D’topeng, yaitu berada di jalan Terusan Sultan Agung No. 2, Kota Batu. Museum ini buka mulai dari pukul 12 siang hingga 8 malam. Jika tidak ingin kepanasan saat jalan menuju ke tempat wisata batu malang berkunjunglah pada sore hari.

3. Taman Labirin Coban Rondo

Anda yang memiliki rasa penasaran tinggi mungkin bisa mengunjungi Coban Rondo ketika sedang berada di Jawa Timur. Selain bisa bermain-main di air terjunnya, saat ini Coban Rondo  memiliki satu lagi objek wisata yaitu taman labirin yang bisa menjadi spot menarik untuk berfoto.

Lokasinya berada di daerah Pandesari, Pujon, Malang. Dengan tiket masuk sebesar Rp 10.000 sudah bisa menikmati air terjun, taman labirin, dan kafe daun cokelat yang ada di sekitarnya. Saat memasuki taman labirin disarankan untuk beramai-ramai agar anda tidak merasa tersesat sendirian. Meskipun sebenarnya pihak pengelola sendiri mengatakan bahwa taman labirin ini hanya diubah 1× dalam seminggu.

4. Taman Selecta dan Wahan Lain di Sekitarnya


Berlokasi di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang. Taman Selecta memberikan tawaran aktivitas seru lainnya. Seperti ada waterboom anak, sepeda air, perahu ayun, flying fox, arena kuda, sky bike, dan goa singa yang bisa Anda nikmati sepuasnya.

Untuk tiket masuknya cukup membayar Rp 25.000 dengan fasilitas kolam renang, taman air, dan waterboom. Untuk wahana lain mendapatkan tambahan biaya sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000. Taman ini mulai dibuka dari pukul 06.00 hingga 18.00 . Ada area kuliner juga dengan kapasitas yang cukup untuk ditempati bersama keluarga.

5. Wisata Paralayang Batu

Bagi anda yang memiliki keberanian tinggi dan ingin menikmati Jawa Timur dengan cara yang berbeda, sepertinya wisata paralayang harus dicoba. Lokasinya berada di jalan Songgokerto, Batu, Malang Jawa Timur. Mulai buka pada pukul 7 pagi hingga 5 sore. Harga tiket masuk ke wisata Paralayang ini sekitar Rp 10.000- Rp 15.000 saja. Tetapi untuk biaya paralayangnya berbeda, dari Rp 400.000 hingga Rp 650.000 dengan durasi 15 menit/ orang. Tempat wisata yang satu ini memang sangat cocok dinikmati baik siang atau malam karena memiliki udara yang sejuk dan pemandangan yang indah.

6. Omah Kayu

Kata pertama yang akan Anda dapatkan di pintu masuk adalah Not just tree house. Berlokasi di Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu. Omah Kayu menghadirkan sesuatu yang berbeda untuk para pengunjungnya. Ada 6 kabin yang bisa anda jadikan sebagai spot foto dengan membayar tiket masuk Rp 10.000.

Jika Anda tertarik untuk menginap disini saat mengambil paket liburan, Anda bisa menyewa kabin tersebut dan menikmati malam di Omah Kayu dengan biaya sebesar Rp 400.000 - Rp 600.000. Harga yang cukup sebanding dengan pemandangan yang akan Anda dapatkan.

7. Wisata Pujon Kidul

Anda yang berlibur bersama orang tersayang bisa menyempatkan waktu mengunjungi Desa Wisata Pujon Kidul, Batu. Berlokasi di Pujon Kidul, Pujon, Malang. Pengunjung bisa menikmati persawahan yang hijau dan pegunungan yang sangat cantik. Di sini juga ada kafe sawah yang bisa menjadi spot foto terbaik untuk Anda. Dengan membayar tiket Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil, pengunjung sudah bisa menjelajah dan berfoto di setiap sudutnya.

8. Bukit Bulu Coban Rais

Coban Rais adalah tempat wisata batu malang yang berlokasi di Desa Dresel, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Coban Rais sebenarnya dulu adalah air terjun yang kemudian pada perkembangannya dibuatkan lagi wahana baru yaitu Bukit Flower Garden. Harga tiket masuknya cukup terjangkau yaitu Rp 7.500 /orang dan parkir Rp 2.000 saja. Jika ingin duduk menikmati kota Batu dan berfoto di spot Bukit Flower Garden, Anda akan diminta membayar Rp 10.000 dan bersabar karena akan ada banyak orang yang mengantri untuk berfoto di sini.

9. Museum Tubuh Bagong

Museum ini terletak di jalan Kartika No. 1 Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Seperti namanya, ada 13 area yang tersebar mulai dari area otak, mata, gigi dan lain sebagainya untuk mengedukasi para pengunjung yang datang. Harga tiketnya cukup terjangkau yaitu Rp 40.000 di hari biasa dan Rp 60.000 di hari libur.

10. Kusuma Waterpark

Kusuma Waterpark berlokasi di jalan Abdu Gani Atas, Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Anda bisa mengunjungi tempat ini bersama keluarga untuk bermain air dengan membayar tiket sebesar Rp 20.000 di hari biasa dan Rp 25.000 di hari libur. Selain bermain air, Anda juga bisa mengunjungi wahana lain berupa outbound, war game, airsoft gun, ATV, dan lain sebagainya.

11. Candi Songgoriti

Candi Songgoriti adalah candi yang berada di 3,5 km dari Kota Batu ini menyajikan beberapa arca dengan latar belakang agama Hindu yang sangat kental. Untuk memasuki candi ini, Anda tidak dikenakan biaya sepeserpun alias gratis. Kecuali bila Anda ingin berendam dan mengistirahatkan tubuh di kolam air panas maka akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000.

12. Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular sebuah tempat wisata di malang yang bisa Anda kunjungi pada sore hari hingga malam hari. Lokasinya berada di jalan Hayam Wuruk No. 1, Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Anda bisa bermain sepuasnya dengan hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 - Rp 10.000 /orang. Untuk bermain wahana lain, seperti masuk ke rumah kaca, lampion garden, dan sepeda udara, akan diminta untuk membeli tiket masuknya.

13. Batu Secret Zoo

Kebun binatang ini berada di jalan Oro-oro Ombo No. 9, Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu. Konsep kebun binatang ini tertutup dan modern, cocok untuk anak-anak yang ingin berwisata sekaligus mendapatkan edukasi tentang hewan nasional dan internasional di sini. Tiket masuknya terbilang cukup murah yaitu Rp 84.000 di hari biasa dan Rp 120.000 untuk hari libur. Berkunjung ke Batu Secret Zoo bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

14. Rumah Terbalik Kota Batu

Rumah terbalik adalah salah satu wahana yang berada di dalam wilayah wisata Eco Green Park, jalan Raya Oro-Oro Ombo, Temas, Kecamatan Batu, Jawa Timur. Ketika Anda ingin menikmati rumah terbalik ini, Anda cukup membeli satu tiket di pintu masuk Eco Green Park seharga Rp 70.000 di hari libur bersama, dan dipotong 30% untuk hari biasa. Di dalam rumah terbalik, Anda bisa berfoto sepuasnya dengan perabotan rumah yang serba terbalik ini.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Tempat wisata Yang Banyak Dikunjungi Di Tawangmangu Karanganyar

The Lawu Park Wisata Baru Di Tawangmangu

Harga Tiket Masuk dan Lokasi Bukit Sekipan Tawangmangu