10 makanan khas Banyumas yang harus anda nikmati

10 makanan khas Banyumas yang harus anda nikmati

Banyumas selain memiliki tempat wisata yang asyik juga memiliki makanan khas yang harus anda coba. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Banyumas tanpa mencoba makanan khasnya. Baiklah tak perlu panjang lebar,berikut beberapa makanan khas Banyumas yang harus anda coba :

1. Getuk Goreng

Salah satu makanan khas banyumas adalah Getuk Goreng. Makanan ini rasanya manis karena terbuat dari bahan dasar ketela / singkong yang dicampur dengan gula jawa. Jika anda berkunjung ke Banyumas anda tidak akan kesulitan untuk mencari makanan ini karena banyak pedagang yang menjualnya. Dulu getuk goreng hanya memiliki satu varian rasa yakni rasa original (gula jawa) namun sekarang telah ada varian rasa yang lain yaitu rasa coklat,nangka dan durian.

2. Mendoan


Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan mendoan. Makanan khas banyumas yang satu ini memang tak hanya populer di Banyumas namun juga populer di kota - kota besar lainnya. Makanan ini mudah untuk di dapat atau membuat sendiri pun bisa karena bahan dasarnya adalah tempe yang dicampur dengan tepung beras serta tepung terigu yang ditambah beberapa bumbu agar lebih berasa dan nikmat. Untuk menambah cita rasa mendoan,kita juga bisa menambahkan sambal kecap atau sambal kacang.

3. Soto Sokaraja

Banyumas memiliki soto yang khas yakni soto sokaraja. Soto sokaraja berbeda dengan soto pada umumnya karena disajikan dengan bumbu kacang dan sambal kacang yang membuatnya terasa gurih dan nikmat. Soto sokaraja juga bisa disajikan dengan ketupat,kacang goreng,bihun,kerupuk dan sambal kacang.

4. Kripik Tempe


Kripik yang menonjol di Banyumas adalah kripik tempe. Sama seperti mendoan yang berbahan utama tempe,hanya saja kripik tempe ini diiris lebih tipis lalu digoreng membuat kripik tempe ini memiliki rasa yang gurih dan renyah. Kripik tempe juva bisa bertahan selama sebulan.

5. Jenang Jaket/Wajik Klethik


Bila di kota Jakarta ada roti buaya untuk acara nikahan, di Banyumas Jenang Jaket adalah salah satu kuliner wajib diacara nikahan. Dinamakan jenang jaket karena singkatan dari Jenang Ketan Asli. Rasa dari Jenang jaket ini perpaduan antara rasa kenyal dan manis dari gula jawa. Daerah yang terkenal dengan makanan ini adalah daerah Mersi.

6. Cimplung



Mungkin makanan yang satu ini belum cukup populer karena makanan ini dibuat oleh orang yang kesehariannya membuat gula jawa. Umumnya cimplung berbahan dasar singkong yang dimasukkan ke dalam air nira yang telah mendidih. Air nira ini berasal dari bunga pohon kelapa (dalam bahasa Banyumas disebut manggar). Cimplung banyak ditemukan di daerah kecamatan cilongok yang mayoritas penduduknya adalah penderes gula merah.

7. Kraca


Kuliner khas Banyumas lainnya adalah Kraca. Kraca adalah makanan yang bahan dasarnya berupa keong kecil. Rasanya pun gurih dan nikmat karena dicampur dengan bumbu - bumbu yang menambah cita rasa dari kraca. Cara makannya sama seperti tutut yaitu disedot,namun bisa juga dengan cara dicukil menggunakan lidi atau gigi garpu. Makanan ini biasanya dijual menjelang bulan puasa di Banyumas.

8. Nopia


Makanan ini teksturnya renyah di luar namun lembut di dalam dan rasanya manis. Nopia berbahan dasar tepung terigu dengan isian adonan gula jawa yang dibentuk bulat. Bukan hanya isian gula jawa, nopia juga ada yang diisi dengan isian coklat, durian dan pandan.

9. Jalabia (Gembus)


Jalabia(gembus) dibuat dengan bahan dasar singkong dibentuk seperti donat dan digoreng. Jalabia rasanya gurih dan enak dimakan saat masih panas serta cocok dimakan sebagai camilan ketika hujan gerimis suasana dingin.

10. Klanting


Disebut Klanting karena bentuknya mirip dengan anting. Klanting terbuat dari bahan singkong dicampur bumbu - bumbu kemudian digoreng. Rasanya enak dan renyah,cocok untuk dijadikan oleh - oleh karena harganya murah dan mudah ditemukan ditoko oleh - oleh di Banyumas.

Itulah 10 makanan khas banyumas yang wajib anda coba dan anda nikmati.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Tempat wisata Yang Banyak Dikunjungi Di Tawangmangu Karanganyar

The Lawu Park Wisata Baru Di Tawangmangu

Harga Tiket Masuk dan Lokasi Bukit Sekipan Tawangmangu