14 Tempat Wisata Di Kebumen Yang Unik Dan Menarik


14 Tempat Wisata Di Kebumen Yang Unik Dan Menarik


Sama seperti Banyumas, Kebumen merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Destinasi travelling di kebumen memang belum terlalu populer. Tapi tak perlu khawatir, karena kabupaten ini menyimpan pesona wisata yang tak kalah menarik dengan daerah lain di Indonesia. Mulai dari wisata alam goa, air terjun hingga pantai tersaji di Kebumen.

Pesona wisata di Kebumen masih tergolong asri dan alami menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena bisa menikmati panorama alam Kebumen secara lebih leluasa, tenang, dan nyaman.

Berikut beberapa tempat wisata di Kebumen yang harus Anda kunjungi.

1. Goa Jatijajar



Goa Jatijajar merupakan salah satu tempat wisata di Kebumen yang cukup populer dikalangan masyarakat sekitar. Lokasinya berada di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Goa Jatijajar terbentuk dari batuan kapur dengan panjang kurang lebih 250 meter, lebar sekitar 15 meter, dan ketinggian sekitar 12 meter. Dengan luas area kurang lebih 5,5 hektar.


Di dalam Goa Jatijajar telah dibangun jalan setapak yang dilengkapi dengan pagar pembatas untuk memudahkan wisatawan menikmati ornamen-ornamen alam di dalamnya. Tempat wisata ini dilengkapi dengan taman yang memungkinkan wisatawan untuk beristirahat sambil menikmati kesejukan udara dan pemandangan alam sekitar. Adapula pedagang makanan dan pedagang souvenir untuk oleh-oleh.

2. Goa Petruk




Tak hanya Goa Jatijajar yang bisa ditemukan di Kebumen,tapi ada juga Goa Petruk. Goa ini berada di Dukuh Mandayana Desa Candirenggo Kecamatan Ayah. Lokasi Goa Petruk tak jauh dari Goa Jatijajar, hanya berjarak sekitar 4,5 km saja.


Keunikan goa ini terdapat pada tiga lantai yang menyusunnya, yaitu dasar, hindu, dan petruk. Goa dasar memiliki panjang sekitar 100 meter dengan hiasan stalaktit dan stalagmit yang menakjubkan. Untuk menelusuri dan menikmati keindahan goa petruk harus didampingi oleh pemandu karena jalurnya yang memang lumayan sulit dan gelap. Ketika sampai pada ujung goa, anda akan mendapati pemandangan pantai dan air terjun penuh pesona yang berada di dekat ujung goa.

3. Curug Silancur




Curug Silancur di Kebumen lokasinya belum banyak diketahui orang, sehingga suasananya masih sangat tenang dan panorama alam yang disuguhkan di Curug Silancur masih begitu asri dan menyegarkan. Wisata air terjun ini belum dikelola secara komersial, jadi belum ada sarana prasarana penunjang yang memadai di tempat wisata ini.

4. Bukit Pranji




Momen indah seperti sunrise atau matahari terbit ini banyak ditunggu wisatawan yang mengunjungi tempat wisata Bukit Pranji di Kebumen. Bukit Pranji terletak di Desa Pengaringan, Kecamatan Pejaguan yang berbatasan dengan Desa Watulawang.

Meski di siang hari bukit ini tampak biasa saja, ternyata keindahan Bukit Pranji baru bisa dinikmati pada malam hari. Di atas bukit anda bisa menikmati gemerlap lampu-lampu rumah penduduk dan bintang-bintang yang seolah-olah mengelilingi Anda. Kecantikan nuansa malam di Bukit Pranji akan berlanjut hingga terbitnya matahari. Bahkan ada yang bermalam di Bukit Pranji untuk menikmati moment sunrise atau matahari terbit .

5. Waduk Sempor



Lokasinya berada di Desa Sempor, Kecamatan Sempor yang berjarak kurang lebih 4 km dari Gombong. Pembangunan waduk ini membutuhkan waktu sekitar 20 tahun, yang dimulai pada 1958 dan selesai tahun 1978. Lamanya pembangunan waduk tidak sia-sia karena tempat ini juga menyuguhkan panorama yang indah untuk dinikmati. Waduk Sempor selain sebagai sumber air, juga menjadi tempat wisata di Kebumen yang menyejukkan.



6. Benteng Van der Wijk




Kebumen ternyata menyimpan cerita sejarah masa penjajahan Belanda. Hal ini ditunjukkan dengan adanya benteng peninggalan Belanda yang dibangun pada abad ke-18 yaitu Benteng Van der Wijk. Menurut sejarahnya, Benteng Van der Wijk berfungsi sebagai benteng pertahanan.

Saat ini Benteng Van der awijk difungsikan sebagai tempat wisata sejarah di Kebumen. Luas benteng mencapai 3.606 m2 dengan ketinggian sekitar 9,6 meter.

Sebagai tempat wisata, Benteng Van der Wijk telah dilengkapi sarana berupa kereta mini yang terdapat di atas benteng. Kereta mini ini digunakan untuk mengantar pengunjung berkeliling mengitari benteng sambil menikmati suasana dan pemandangan dari atas benteng.

7. Pantai Ayah / Pantai Logending



Salah satu wisata pantai yang paling populer di Kebumen adalah Pantai Ayah atau yang lebih dikenal dengan nama Pantai Logending.

Sebagai tempat wisata andalan, Pantai Ayah tak pernah sepi oleh pengunjung. Keindahan Pantai Ayah juga tak kalah dengan pantai berpasir putih. Selain bisa bermain ombak di tepi pantai, anda juga bisa menikmati sajian kuliner yang disuguhkan oleh warung-warung makan di sekitar pantai sambil menikmati indahnya Pantai Ayah.


8. Pantai Suwuk




Satu lagi wisata pantai di Kebumen yang tak pernah sepi oleh pengunjung, yaitu Pantai Suwuk. Berada di Desa Suwuk, Kecamatan Puring yang berjarak kurang lebih 50 km dari kota Kebumen.

Sebagai salah satu tempat liburan di Kebumen yang cukup populer, Pantai Suwuk telah dilengkapi dengan sarana prasarana yang cukup memadai. Di sini, Anda juga bisa menikmati keindahan pantai sambil menunggang kuda.


9. Pantai Karangbolong



Pantai Karang Bolong merupakan salah satu andalan Kebumen, alamat Pantai Karang Bolong Kebumen di Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen ini memiliki pasir hitam campuran, ada yang halus dan kasar.

Walaupun begitu, pasir yang ada dipantai ini cukup luas untuk menutupi bagian tepi pantai sehingga kontur dari pantai ini menjadi landai. Dengan batas pantai berupa perbukitan dan kelompok batuan sedimen klasik membuat keindahan yang ada semakin terkuak dan menawan.

                                                                Pantai Karangbolong diselimuti dengan pasir abu-abu dengan hiasan batu karang. Keindahan Pantai Karang Bolong terletak pada deretan pohon kelapa yang semakin menyejukkan suasana.

10. Pantai Menganti



Jika Anda mencari pantai berpasir putih di Kebumen, maka Pantai Mengantilah tempatnya. Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah. Pantai Menganti juga cukup populer dan telah dilengkapi sarana prasarana yang cukup memadai. Uniknya di pantai ini terdapat bangunan mercusuar setinggi 20 meter yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan pantai .


11. Pantai Karang Agung



Anda tak akan menemukan pasir di pantai yang satu ini. Itulah keunikan Pantai Karang Agung. Salah satu tempat wisata di Kebumen yang dipenuhi oleh batuan karang di sepanjang pantai.

Pantai Karang Agung dikeramatkan oleh warga setempat. Maka dari itu, pantai Karang Agung z4relatif sepi oleh pengunjung tapi bukan berarti pantai ini tak boleh dikunjungi untuk berlibur. Justru suasananya yang sepi terasa lebih nyaman karena bisa dinikmati dengan tenang dan santai.

12. Alian Butterfly Park




Alian Butterfly Park adalah tempat wisata keluarga di Kebumen sekaligus sarana edukasi untuk si kecil.

Di Alian Butterfly Park Selain memiliki koleksi kupu-kupu juga terdapat beragam tanaman bunga yang diklaim sebagai yang terlengkap di Pulau Jawa. Alian Butterfly Park memiliki kurang lebih 60 jenis kupu-kupu hidup yang terbang dengan bebas.


Untuk bisa bertemu dengan banyak kupu-kupu ada baiknya datang ketika pagi hari saat kupu-kupu sedang mengambil nektar bunga.

13. Jembangan Wisata Alam




Berkunjung ke sebuah kota tentu tidak lengkap rasanya jika tidak beristirahat sambil menikmati santapan lezat.

Berada di Desa Jembangan, Kecamatan Pocoworno, sebuah restoran apung menjadi tempat nongkrong di Kebumen yang sayang untuk dilewatkan. Tempat ini dilengkapi pemandangan spektakuler dan Panorama perbukitan yang menghadirkan spot foto yang menarik ketika diabadikan dengan kamera.

Selain restoran, tempat ini juga dilengkapi dengan kebun binatang mini dan arena bermain air seperti sepeda air. Jembangan Wisata Alam bisa dijadikan sebagai tempat berwisata bersama keluarga di Kebumen. Jaraknya juga cukup dekat, hanya sekitar 45 menit dari pusat kota.

14. Pantai Sawangan



Di desa Karangduwur, terdapat Pantai Sawangan, Curug Sawangan, dan Goa Sowowo yang sudah cukup ramai dikunjungi.

Namun warga setempat sedang mengembangkan potensi wisata baru, yaitu Bukit Sawangan. Sehingga wajar jika Bukit Sawangan menjadi tempat wisata di Kebumen yang belum diketahui banyak orang.

Tempat wisata baru di Kebumen ini dirancang untuk kawula muda yang senang dengan tantangan. Dan untuk mencapai area Bukit Sawangan, pengunjung harus treking terlebih dahulu.

Tapi tak perlu khawatir, wisata ini sudah mulai dilengkapi dengan fasilitas yang cukup menyenangkan, seperti flying fox dan wahana rapling.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Tempat wisata Yang Banyak Dikunjungi Di Tawangmangu Karanganyar

Harga Tiket Masuk dan Lokasi Bukit Sekipan Tawangmangu

The Lawu Park Wisata Baru Di Tawangmangu